Sabtu, 16 Oktober 2010

Membuat Package dalam Bentuk Menu TextBox pada Pemrograman J2ME...

Membuat Package dalam Bentuk Menu TextBox pada Pemrograman J2ME yang terdiri dari :
  1. Nama (Bold, Large)
  2. Alamat (Italic, Medium)
  3. Tangal Lahir (Underline, Small)
  4. Jurusan (Italic, Small)
Yang pertama harus kita lakukan adalah membuat tampilan Menunya terlebih dahulu, seperti yang terlihat pada gambar disamping

  • Membuat MIDLET dengan nama NAMA
 Kemudian ketikkan script/ koding pada MIDLET NAMA sebagai  berikut :
============================================================
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

public class NAMA extends MIDlet {
    Display display;
    private MainCanvas1 mainCanvas1;

    public NAMA() {
        display=Display.getDisplay(this);
    }
    public void startApp() {
        mainCanvas1 = new MainCanvas1(this, display);
        display.setCurrent(mainCanvas1);
    }

    public void pauseApp() {
    }

    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
    public void exitMIDlet(){
        destroyApp(false);
        notifyDestroyed();
    }
};
===========================================================

  • Membuat MIDLET dengan nama ALAMAT
  Kemudian ketikkan script/ koding pada MIDLET ALAMATsebagai  berikut :
============================================================
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

public class ALAMAT extends MIDlet {
    Display display;
    private MainCanvas2 mainCanvas2;
    public ALAMAT() {
        display=Display.getDisplay(this);
    }
    public void startApp() {
        mainCanvas2 = new MainCanvas2(this, display);
        display.setCurrent(mainCanvas2);
    }

    public void pauseApp() {
    }

    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
    public void exitMIDlet(){
        destroyApp(false);
        notifyDestroyed();
    }
};
============================================================
  • Membuat MIDLET dengan nama TTL
  Kemudian ketikkan script/ koding pada MIDLET TTL sebagai  berikut :
============================================================
 import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

public class TTL extends MIDlet {
    Display display;
    private MainCanvas3 mainCanvas3;
    public TTL () {
        display=Display.getDisplay(this);
    }
    public void startApp() {
        mainCanvas3 = new MainCanvas3(this, display);
        display.setCurrent(mainCanvas3);
    }

    public void pauseApp() {
    }

    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
    public void exitMIDlet(){
        destroyApp(false);
        notifyDestroyed();
    }
};

============================================================
  • Membuat MIDLET dengan nama JURUSAN
  Kemudian ketikkan script/ koding pada MIDLET JURUSAN sebagai  berikut :
============================================================
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

public class JURUSAN extends MIDlet {
    Display display;
    private MainCanvas4 mainCanvas4;
    public JURUSAN () {
        display=Display.getDisplay(this);
    }
    public void startApp() {
        mainCanvas4 = new MainCanvas4(this, display);
        display.setCurrent(mainCanvas4);
    }

    public void pauseApp() {
    }

    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
    public void exitMIDlet(){
        destroyApp(false);
        notifyDestroyed();
    }
};
============================================================

 Setelah midlet NAMA, ALAMAT, TTL dan JURUSAN selesai dibuat, selanjutnya kita akan membuat JAVA CLASS yang terdiri dari MainCanvas1, MainCanvas2, MainCanvas3 dan MainCanvas4. Sebagai berikut :
  • Membuat JAVA dengan nama MainCanvas1
  Kemudian ketikkan script/ koding pada JAVA MainCanvas1 sebagai  berikut :
============================================================
 import javax.microedition.lcdui.*;

class MainCanvas1
    extends Canvas {
    private Display display;
    private Nama midlet;

    public MainCanvas1(Nama midlet,Display display) {
        this.midlet = midlet;
        this.display = display;
    }

    protected void paint(Graphics g) {
        g.setColor(79, 125, 26);
        g.setFont(Font.getFont(Font.FACE_SYSTEM,Font.STYLE_BOLD,Font.SIZE_LARGE));
        g.drawString("Deviyantikasari", 25, 2, Graphics.TOP | Graphics.LEFT);

        }
    protected void keyPressed(int keyCode) {
        if (keyCode == -5) {
            midlet.exitMIDlet();
        }
    }
};
============================================================
  • Membuat JAVA dengan nama MainCanvas2
  Kemudian ketikkan script/ koding pada JAVA MainCanvas2 sebagai  berikut :
============================================================
 import javax.microedition.lcdui.*;

class MainCanvas2
    extends Canvas {
    private Display display;
    private Alamat midlet;

    public MainCanvas2(Alamat midlet,Display display) {
        this.midlet = midlet;
        this.display = display;
    }

    protected void paint(Graphics g) {
        g.setColor(78, 225, 36);
        g.setFont(Font.getFont(Font.FACE_SYSTEM,Font.STYLE_ITALIC,Font.SIZE_MEDIUM));
        g.drawString("Cikarang Bekasi", 20,0, Graphics.TOP | Graphics.LEFT);

        }
    protected void keyPressed(int keyCode) {
        if (keyCode == -5) {
            midlet.exitMIDlet();
        }
    }
};
============================================================

  • Membuat JAVA dengan nama MainCanvas3
  Kemudian ketikkan script/ koding pada JAVA MainCanvas3 sebagai  berikut :
============================================================
 import javax.microedition.lcdui.*;

class MainCanvas3
    extends Canvas {
    private Display display;
    private TanggalLahir midlet;

    public MainCanvas3(TanggalLahir midlet,Display display) {
        this.midlet = midlet;
        this.display = display;
    }

    protected void paint(Graphics g) {
        g.setColor(225, 65, 89);
        g.setFont(Font.getFont(Font.FACE_SYSTEM,Font.STYLE_UNDERLINED,Font.SIZE_MEDIUM));
        g.drawString("4 Mei 1991", 20,0, Graphics.TOP | Graphics.LEFT);

        }
    protected void keyPressed(int keyCode) {
        if (keyCode == -5) {
            midlet.exitMIDlet();
        }
    }
};
============================================================

  • Membuat JAVA dengan nama MainCanvas4
  Kemudian ketikkan script/ koding pada JAVA MainCanvas4 sebagai  berikut :
============================================================
 import javax.microedition.lcdui.*;

class MainCanvas4
    extends Canvas {
    private Display display;
    private Jurusan midlet;

    public MainCanvas4(Jurusan midlet,Display display) {
        this.midlet = midlet;
        this.display = display;
    }

    protected void paint(Graphics g) {
        g.setColor(200, 125, 114);
        g.setFont(Font.getFont(Font.FACE_SYSTEM,Font.STYLE_ITALIC,Font.SIZE_SMALL));
        g.drawString("Teknik Informatika", 20,0, Graphics.TOP | Graphics.LEFT);

        }
    protected void keyPressed(int keyCode) {
        if (keyCode == -5) {
            midlet.exitMIDlet();
        }
    }
};
============================================================
 Setelah semua selesai dibuat, maka proyek yang kita buat di running. Kemudian akan tampil seperti gambar dibawah ini:



 


By : Dunia Daivie (dhevieyantika@yahoo.o.id)